Hariring Peuting

edisi Petualangan Si Joe, menggapai langit-langit mimpi.

Friday, February 09, 2007

Baunya masih tergambar jelas

Sayup sayup terdengar suara Ari lasso melantunkan lagu Hampa, serta bau pewangi ruangan yang baru saja disemprotkan Mama, menyeruak, menggugah ingatan si Joe ke tahun tahun silam. Ke tahun X22net.
Ya, dulu bersama beberapa orang sahabatnya si konyol nekat membuka sebuah usaha warnet di sebuah daerah di Bandung.

Diantara kebingungan antara pilihan bekerja atau berwiraswasta, pamannya meminjami ia modal untuk usaha. Dan membuat sebuah warnet adalah pilihan si Joe. Selain bisa mendatangkan uang, juga bisa menggali ilmu mengenai wirausaha dan IT, pikirnya.
Dengan susah payah ia dan teman-temannya patungan membangun sebuah warnet. Tak terhitung kisah duka dan suka saat itu. Betapa sulitnya menyamakan visi dan misi walau dengan teman baik sekalipun.
Tanpa perencanaan yang baik, tanpa ilmu yang memadai dan modal yang pas-pasan, bisa di bayangkan apa yang terjadi. Namun singkat cerita (terlalu panjang bila diuraikan satu persatu prosesnya) akhirnya berdirilah sebuah warnet, dan X22net dipilih sebagai nama. Memang hanya sebuah warnet kecil namun dengan metoda pendekatan akrab terhadap kosumen, lambat laun mulai ramai dikunjungi. Dari konsumen yang sama sekali buta terhadap internet sampai konsumen yang suka begadang semalaman tetap dilayani. Alhasil, X22net punya banyak konsumen tetap.

Disadari benar, bahwa X22net menjadi training center bagi si Joe dan teman-temannya sehingga ia bisa menjadi seperti sekarang ini. Walau secara materil tak banyak didapat, namun ilmu yang didapat tak akan pernah ternilai harganya. Everything is not lost. Setiap cucuran keringat, pikiran, duka dan suka yang telah dilalui......ah, what a story.

Tapi sisi lain yang menarik adalah, X22net menjadi sarana si Joe dan teman-temannya berkumpul. Hampir setiap malam begadang dan melakukan hal-hal menyenangkan. Banyak cerita yang bila saat ini diingat kembali menjadi sebuah kenangan manis walau itu cerita duka sekalipun. Salah satu lagu yang bisa mengingatkan si Joe akan kenangan-kenangan itu adalah lagu Hampa dari Ari lasso, atau bau pengharum ruangan yang selalu dipakai di X22net.


"I heard it's dying now. Please don't let it happen.
cause we've been through all the toughest year to make it all.
That was the place where our journey begun
and that is the place where our memory reside."

0 Comments:

Post a Comment

<< Home